Sabtu, 31 Desember 2011

Kehidupan Desa

Desa merupakan kumpulan warga yang hidup di suatu daerah yang masih alami dan tradisional. Walaupun begitu warga desalah yang sangat berperan dalam kehidupan warga kota, karena warga desa yang menanam padi hingga menjadi beras dan nasi untuk dikonsumsi warga kota setiap harinya. Mereka bersusah payah dari pagi hingga siang, dan siang hingga sore bekerja di sawah hanya untuk tanaman padi yang akan dimakan orang kota.

Kehidupan desa tidak jauh lepas dari sawah, karena di desa banyak sekali sawah sehingga terpaksa mendorong mereka untuk bercocok tanam. Sejak kecil warga desa sudah dilatih untuk bercocok tanam, dilatih untuk kenal dengan sawah karena sawah merupakan penghasilan utama warga desa.

Kebnyakan warga desa masih menganut mitos-mitos dari leluhur dan nenek moyang, seperti masih mempercayai unsur-unsur magis. Unsur magic yang masih sering digunakan dalam kehidupan desa adalah larungan sesaji dan slamatan. Sebenarnya acara itu mereka lakukan untuk mendapatkan keselamatan dari Yang Maha Kuasa.

Prinsip hidup kehidupan warga desa hampir sama dengan pengertian manusia sebagai makhluk sosial, yaitu saling membutuhkan antar sesama. Oleh karena itu kebanyakan warga desa sering ada kegiatan gotong-royong. Contohnya gotong-royong untuk membangun rumah, mushola, ataupun membersihkan wilayah-wilayah yang banyak sampah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar