Perkembangan Teknologi
Informasi telah berhasil menciptakan infrastruktur informasi baru. Internet
memiliki beberapa daya tarik dan keunggulan bagi para konsumen maupun
organisasi, misalnya dalam hal kenyamanan, kecepatan data, akses 24 jam sehari,
efisiensi, alternatif ruang dan pilihan yang tanpa batas, personalisasi, sumber
informasi dan teknologi yang potensial dan lain lainnya.
Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam dunia bisnis berupa ‘Digital Marketing’
Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru dalam dunia bisnis berupa ‘Digital Marketing’
Awal tahun 1990-an
komersialisasi di internet mulai berkembang pesat mencapai jutaan pelanggan,
maka muncullah istilah baru electronic commerce atau lebih dikenal e-Commerce.
Riset center e-Commerce di Texas University menganalisa 2000 perusahaan yang online
di internet, sektor yang tumbuh paling cepat adalah e-Commerce, naik sampai 72%
dari $99,8 Milyar menjadi $171,5 Milyar. Di tahun 2006 pendapatan di Internet
telah mencapai angka triliunan dollar, benar-benar angka yang menakjubkan.
Salah satu alasan pesatnya perkembangan bisnis online adalah adanya perkembangan jaringan protokol dan sofware dan tentu saja yang paling mendasar adalah meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis.
Salah satu alasan pesatnya perkembangan bisnis online adalah adanya perkembangan jaringan protokol dan sofware dan tentu saja yang paling mendasar adalah meningkatnya persaingan dan berbagai tekanan bisnis.
E-commerce
terbagi atas dua segmen yaitu :
Business to business e- commerce
(perdagangan antar pelaku usaha)
Business to consumer
e-commerce (perdagangan antar pelaku usaha dengan konsumen
Pengertian
E-Commerce
Electronic
Commerce (Perniagaan
Elektronik), sebagai bagian dari Electronic Business (bisnis
yang dilakukan dengan menggunakan electronic transmission), oleh para ahli dan
pelaku bisnis dicoba dirumuskan definisinya. Secara umum e-commercedapat
didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang
atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik.
Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan
tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis. Kesimpulannya, “e-commerce
is a part of e-business”.
Internet
Commerce.
Internet
commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan
komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam
penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara
lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau
sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Sumber : http://uchewthirteen.wordpress.com/2011/03/28/apa-itu-e-commerce/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar