Pengertian e-Business atau
Electronic business
e-business adalah kegiatan
bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan
menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan
untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara
lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan
dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan
melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Model - model e-business :
B2C (Business to Consumers)
B2B (Business to Business)
Consumer To Consumer (C2C)
Pengertian B2B :
Merupakan sistem komunikasi
bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan
yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar
Karakteristik B2B :
Karakteristik B2B :
Pertukaran informasi yang
dilakukan antar pembisnis tersebut atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
Pertukaran Informasi yang
dilakukan dengan format yang sudah disepakati dan Service sistem yang digunakan
antar kedua pembisnis juga menggunakan standard yang sama.
Salah satu pelaku bisnis
tidak harus menunggu rekan bisnisnya untuk mengirimkan datanya.
Sarana yang digunakan EDI
(Electronic Data Interchange )
Model yang umum digunakan
adalah peer-to-peer, dengan model ini antar pelaku bisnis lebih mudah untuk
mendistribusikan informasi yang dimilikinya
Pengertian B2C :
Merupakan sistem komunikasi
bisnis antar pelaku bisnis dengan konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu
pada saat tertentu
Karakteristik B2C :
Karakteristik B2C :
Informasi disebarkan secar
umum.
Pelayanan yang diberikan
bersifat umum sehingga banyak digun`kan oleh banyak orang.
Pelayanan yang diberikan
berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, maka pelaku usaha harus
cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut.
Pendekatan yang dilakukan
adalah Client Server, dimana Konsumen berada pada sisi Client, dengan
menggunakan Web Broses untuk mengaksesnya, dan Pelaku Usaha berada pada sisi
Server
Pengertian C2C :
Merupakan sistem komunikasi
dan transaksi bisnis antar konsumen untuk memenuhi kebutuhan tertentu pada saat
tertentu.
Karakteristik C2C :
Karakteristik C2C :
Pada lingkup konsumen ke
konsumen bersifat khusus karena transaksi yang dilakukan hanya antar konsumen
saja, seperti Lelang Barang.
Internet dijadikan sebagai
sarana tukar menukar informasi tentang produk, harga, kualitas dan
pelayanannya.
Konsumen juga membentuk
komunitas pengguna atau penggemar suatu produk. Sehingga jika ada ketidak
puasan suatu produk, maka akan segera tersebar luas melalui komunitas tersebut.
Pengaruh-pengaruh E-Business
atas proses Bisnis
Electronic Data Interchange
(EDI): adalah protokol Standar, ada sejak era tahun 1970, untuk secara
elektronik mentransfer (mengirimkan) informasi antar organisasi serta dalam
berbagai proses bisnis.
EDI:
Meningkatkan tingkat akurasi
Mengurangi biaya
INFRASTRUKTUR untuk
E-BUSINESS
Kemajuan teknologi
komunikasi dan jaringan, terutama internet, menyediakan inrastruktur yang
dibutuhkan untuk e-business. Bagian ini memberikan pengantar atas gambaran umum
konsep jaringan dan mendiskusikan isu-isu strategis yang berkaitan dengan
metode-metode alternatif yang dapat dipergunakan organisasi dalam
mengimplementasikan e-business.
Jenis-jenis Jaringan
Jaringan telekomunikasi
dibanyak perusahaan dipergunakan untuk melakukan e-commers dan mengelola
operasi internal yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
1. Local Area Network (LAN)
2. Wide Area Network (WAN)
3. Value-added Network dan
4. Internet
1. Local Area Network (LAN)
2. Wide Area Network (WAN)
3. Value-added Network dan
4. Internet
Software Komunikasi
Software komunikasi
mengelola aliran data melalui suatu jaringan. Software komunikasi didesain
untuk bekerja dengan berbagai jenis peraturan dan prosedur untuk pertukaran
data.
Snftware ini melaksanakan
fungsi-fungsi sebagai berikut:
Pengendalian akses
Software ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antar-berbagai peralatan; secara otomatis memutar dan menjawab telepon; membatasi akses hanya pada para pemakai yang berwenang; serta membuat parameter seperti: kecepatan, mode, dan arah pengiriman.
Software ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan antar-berbagai peralatan; secara otomatis memutar dan menjawab telepon; membatasi akses hanya pada para pemakai yang berwenang; serta membuat parameter seperti: kecepatan, mode, dan arah pengiriman.
Pengelolaan jaringan Pada
software ini berfungsi untuk mengumpulkan data untuk memeriksa kesiapan
peralatan jaringan untuk mengirim atau menerima data; membuat aturan antri
untuk masukan dan keluaran; menetapkan prioritas dalam sistem,mengirimkan pesan;
dan mencatat aktivita, penggunaan, dan kesalahan dalam jaringan.
Pengiriman data dan
fileSoftware ini berfungsi untuk mengontrol pengiriman data, file dan
pesan-pesan diantara berbagai peralatan.
Pendeteksi dan pengendalian
atas kesalahanSoftware ini berfungsi untuk memastikan bahwa data yang dikirim
benar-benar merupakan data yang diterima.
Keamanan dataSoftware ini
berfungsi untuk melindungi data selama pengiriman dari akses pihak yang tidak
berwenang.
Sumber : http://artikel-apasaja.blogspot.com/2012/04/e-business.html
Sumber : http://artikel-apasaja.blogspot.com/2012/04/e-business.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar