Kamis, 21 Maret 2013

Antivirus

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antiviru disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telahterinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

Antivirus-antivirus terbaru sekarang tidak hanya mendeteksi virus. Program antivirus sekarang juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk mendeteksi spyware, rootkis, dan malware - malware lainnya. Tidak hanya itu, antivirus sekrang dilengkapi firewall untuk melindungi komputer dari serangan hacker dan anti spam untuk mencegah masuknya email sampah dan/atau virus ke inbox pengguna.

Jenis Antivirus Berdasarkan Pengguna
Antivirus berdasarkan penggunaannya dibagi menjadi 2, yaitu Home User dan Network / Corporate User. Untuk home user, antivirus berjalan seperti biasa. Untuk versi jaringan (network), antivirus dapat melakukan scan di komputer-komputer client dan network drive. Selain itu, proses update komputer client dalam jaringan tidak harus langsung dari internet. Komputer client dapat melakukan update langsung dari server jaringan.

Antivirus Berdasarkan Cara Memperolehnya
1. Free antivirus : anti virus yang diperoleh secara gratis
2. Trial antivirus : anti virus yang diperoleh secara gratis namun diberi batasan waktu.
3. Donation antivirus : anti virus yang diperoleh dengan mendonasi.
4. Paid antivirus : antivirus yang diperoleh dengan cara membeli.

Saat ini sudah banyak antivirus yang beredar baik yang berlisensi Free Antivirus maupun Paid Antivirus. Namun, terkadang perbedaan yang sangat mencolok terlihat antara antivirus yang berlisensi Free dan Paid. Antara lain pada antivirus free tidak disertakan perangkat keamanan yang lengkap sehingga tingkat kemanan menjadi kurang baik. Sedangkan untuk antivirus yang berlisensi Paid biasanya dilengkapi dengan keamanan yang lebih baik sesuai dengan versi antivirusnya.

Contoh untuk antivirus yang khusus untuk pengamanan internet (internet security) biasanya menyediakan paket keamanan khusus untuk internet seperti spyware, firewall dan spam deleter. Adapun antivirus yang menawarkan proteksi secara keseluruhan pada sistem komputer seperti penguncian folder, pendeteksian virus secara dini serta keamanan lebih pada sistem. Namun, biasanya antivirus ini berharga di atas rata-rata antivirus lainnya. Selain itu juga lebih berat penggunaannya pada sisitem komputer karena memakan lebih banyak memori.

Refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak_antivirus
http://pertiwi-ayu.blogspot.com/2011/08/pengertian-antivirus-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar