Kamis, 24 Januari 2013

CMS (Content Management System)

CMS atau Content Management System merupakan sebuah aplikasi web atau software web yang tujuannya untuk memudahkan dalam pengelolaan (upload, editing, menambahkan, dll) konten dalam sebuah website/blog/aplikasi web tanpa harus dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis tanpa harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman web.

Dengan adanya CMS ini, orang awam pun dapat membuat sebuah website yang langsung jadi dan pengguna tinggal mengelola isi konten website tersebut tanpa campur tangan dari pihak webmaster. Di dalam CMS, manajemen file-file juga sangat terstruktur, setiap elemen antara isi dan tampilan desain terpisah. Fleksibilitas sebuah CMS, membuat CMS ini banyak dikembangkan oleh pihak-pihak lain, apalagi jika CMS yang memiliki kemajuan sangat pesat dan terus mengalami perubahan atau update sistem secara berkala. Hal inilah yang membuat banyak developer memilih mengembangkan aplikasi CMS ini daripada membuat sebuah aplikasi web baru.

Pemanfaatan CMS :
Situs web perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas
Portal
Galeri Foto
Mengelola website pribadi
Dan lain-lain

Jenis-Jenis CMS :
1. RMS (Research Management System) adalah jenis CMS yang diperuntukan untuk mengelola konten web penelitian-jurnal, makalah, skripsi.
2. SMS (School Management System) adalah jenis CMS yang dikhususkan untuk web portal informasi sekolah dan terkadang juga dilengkapi fasilitas e-learning.
3. LMS (Learning Management Sustem) adalah CMS yang diperuntukan untuk pembelajaran online.
4. LibMS (Library Mnagement System) adalah CMS yang diperuntukan untuk mengelola otomasi perpustakaan.
5. E-CMS (E-Comerce Management System) adalah CMS yang diperuntukan untuk jualan online.
6. WebBlogCMS adalah CMS yang dikhususkan untuk mebuat blog dan web portal.


Sumber : http://iisupit28.blogspot.com/2011/12/artikel-cms-conten-management-systeem.html
             : http://angel-xp.blogspot.com/2013/01/pendahuluan-content-managementsystem.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar