Selasa, 28 Januari 2014

Membuat Objek Dengan Menggunakan Aplikasi Blender 2.68A

MEMBUAT OBJEK RUMAH MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER 2.68 A

Tentang Blender 2.68 a
            Merupakan salah satu aplikasi membuat objek gambar 2D dan 3D yang lengkap dengan penggunaan textur ,material dll yang dapat memperindah objek gambar yang dibuat sesuai dengan gambar yang asli nya .
Langkah-langkah membuat objek Rumah
            Pada tugas softskill minggu ini diberikan tugas untuk setiap kelompok yang terdiri dari tiga anggota untuk membuat suatu objek yang akan di presentasikan di pertemuan selanjutnya .



MEMBUAT OBJEK RUMAH MENGGUNAKAN APLIKASI BLENDER 2.68 A

Ø  Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi diberbagai bidang industri mengalami kemajuan yang pesat salah satu diantaranya kemjuan dalam bidang animasi dintaranya pembuatan objek gambar 2D ataupu 3D yang bisa meniru dengan gambar aslinya.
Grafik Komputer adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut .Grafik Komputer merupakan tehnik untuk membuat gamabr obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata(realism) .Pembuatan objek rumah ini merupakan objek 3D yang telah diberi texture dan material untuk memperindah tampilan objek .
Ø  Batasan Masalah
Sesuai dengan latar belakang masalah ,objek rumah yang dibuat merupakan objek 3D yang akan dibahas cara pembuatan rumah di bagian selanjutnya untuk memperjelas pembuatanya .
Ø  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang dan batasan masalah tersebut ,masalah-masalah yang dibahas dirumuskan sebagai berikut : Bagaimana cara mengoperasi aplikasi blender agar dapat objek rumah .



Ø  Pembuatan Objek Rumah dengan Aplikasi Blender
1.      Buka aplikasi blender .
2.      Pilih File -> New .

3.      Scale objek kubus .

4.      Ubah object mode > edit mode > edge select .
5.      Kemudian gunakan hotkey CTRL+R untuk membagi objek kubus yang akan membentuk atap rumah .

6.      Warnai dasar objek dengan menggunakan texture .

7.      Kemudian bentuk garis potong untuk membuat pintu , jendela pada objek rumah ,seperti pada gambar dibawah ini :

8.      Ubah menjadi Face Select .Blok bagian yang diberi warna sama (pintu ,atap ) dengan menggunkan hotkey SHIFT+Klik Kanan Mouse .Lihat pada gambar !

9.      Kemudian Extruded bagian sisi atas rumah .
10.  Untuk membuat tiang extruded bagian yang akan  di bentuk .Lihat pada gambar !

11.  Memebuat jendela ,beri garis potong untuk membentuknya .lihat pada gambar!

12.  Render image atau dengan F12 .

Rabu, 13 November 2013

Desain Pemodelan Grafik

Desain Pemodelan Grafik

Kalau kita mendengar kalimat “Desain Pemodelan Grafik” pasti berhubungan dengan gambar atau rancangan suatu obyek. Sebelum masuk ke topik diatas ada baiknya kita mengetahui pengertian dari setiap kata tersebut.

Desain
Proses untuk mendapatkan suatu obyek baru. Desain merupakan gambaran atau pola yang akan memiliki tujuan untuk menghasilkan suatu obyek. Contohnya adalah desain suatu iklan. Desain tersebut berbentuk pola gambar yang dibuat oleh seorang desainer. Desain iklan tersebut dibuat untuk memenuhi keinginan suatu perusahaan yang memesan iklan tersebut agar sesuai dengan keinginan perusahaan. Desain tersebut dibuat agar mempermudah proses pembuatan iklan tersebut.

Pemodelan
Tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Obyek yang dibuat akan dibentuk seolah-olah menjadi nyata. Dengan proses desain, obyek tersebut akan dibuat menjadi 2D maupun 3D. Proses pemodelan ini memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya. Misalnya menentukan obyek apa yang akan dibuat, metode apa yang akan digunakan, serta animasi apa yang sesuai dengan tujuan pembuatan obyek tersebut.

Grafik (Grafis)
Grafik atau Grafis identik dengan suatu garis, titik, tanda, dan bentuk huruf. Grafik merupakan cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.

Desain grafis sendiri berarti suatu bentuk komunikasi secara visual menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi dan pesan tertentu kepada penonton (target). Unsur dalam desain grafis yaitu (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Desain Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek yang baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan seperti membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Kegiatan yang biasanya berkaitan dengan grafik komputer adalah pemodelan geometris, rendering, animasi, graphic library/package, application program, dan citra.


Contoh: Hasil dari Desain Pemodelan Grafik

Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

Desktop publishing
•    Adobe Photoshop
•    Adobe Illustrator
•    Adobe Indesign
•    GIMP
•    InkScape
•    CorelDraw
•    Adobe Page Maker

Webdesign
•    Adobe Dreamweaver
•    Microsoft Frontpage
•    Notepad
•    Adobe Photoshop

Audiovisual
•    Adobe After Effect
•    Adobe Premier
•    Final Cut
•    Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
•    Ulead Video Studio
•    Magic Movie Edit Pro
•    Cyberlink Power Director

Rendering 3D
•    3Ds Max
•    Maya
•    AutoCAD
•    Google SketchUp
•    Blender
•    Unity 3D

Sumber Referensi:

Wikipedia dan Warta Warga UG

Selasa, 11 Juni 2013

E - Government

Pemerintahan elektronik atau e - government (berasal dari Bahasa Inggris electronic government, juga disebut e - gov, digital government, online government atau dalam konteks tertentu transformational government) adalah pengunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. E-government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.

Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Consumer(G2C). Government-to-Bussiness(G2B) serta Government-to-Government(G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.

Tujuan Sistem
Di samping prestasi pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintah yang lebih baik sejak reformasi, tentunya penerapan e-government ini dapat memberikan tambahan manfaat yang lebih kepada masyarakat.

1. Memperbaiki kualitas pelayanan pemerintah kepada para stakholdernya (masyarakat, kalangan bisnis, dan industri) terutama dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi di berbagai bidang kehidupan bernegara.
2. Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep Good Governance di pemerintahan (bebas KKN).
3. Mengurangi secara signifikan total biaya administrasi, relasi, dan interaksi yang dikeluarkan pemerintah maupun stakeholdernya untuk keperluan aktivitas sehari-hari.
4. Memberikan peluang bagi pemerintah untuk mendapatkan sumber-sumber pendapatan baru melalui interkasinya dengan pihak-pihak yang berkepentingan.
5. Menciptakan suatu lingkungan masyarakat baru yang dapat secara cepat dan tepat menjawab berbagai permasalahan yang dihadapi sejalan dengan berbagai perubahan global dan trend yang ada.
6. Memberdayakan masyarakat dan pihak-pihak lain sebagai mitra pemerintahan dalam proses pengambilan berbagao kebijakan publik secara merata dan demokratis.

Sumber :
http://nzccenter.blogspot.com/2013/05/e-government.html
Wikipedia. 2012. Pemerintahan Elektronik. (Online). (Wikipedia.org,diakses 17 April 2013)
Indonesia Government.2013. (Indonesia.go.id, diakses 12 May 2013)

Jumat, 12 April 2013

HTTP

Sejarah

Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam WWW pada tahun 1990. Pada saat tersebut yang dipakai adalah versi 0.9, versi tersebut adalah protokol transfer dokumen secara mentah. Maksudnya adalah data dokumen dikirim sesuai dengan isi dari dokumen tersebut tanpa memandang tipe dari dokumen.

Kemudian pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengaomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta enkoding yang dipergunakan dalam pengiriman data dokumen. Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

Transaksi yang khas dari HTTP adalah klien melakukan koneksi dengan server HTTP, dan melakukan permintaan untuk sumber yang diinginkan dan menunggu respon dari server. Setelah menerima permintaan klien dan mengirimkan respon dan menutup koneksi. Respon dapat berupa sumber yang diinginkan adalah sebuah sumber yang dapat dieksekusi dalam kasus resource yang diinginkan dalah sebuah sumber yang dapat dieksekusi. Klien mengalamatkan sumber yang dibutuhkan dengan URL (Uniform Resource Location), yaitu alamat fisik dari sifat objek yang dapat diambil menggunakan server (DNS atau alamat IP) dan nama sumber dipisahkan denhan tanda "/".

Web client dan Web server berkomunikasi menggunakan protokol HTTP. Web client adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang meminta informasi. Untuk dapat mengakses web server, web client menggunakan aplikasi yang disebut Web browser. Web server adalah komputer yang tergabung dalam jaringan atau internet yang memberikan informasi. HTTP adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam WWW. Protokol ini adalah protokol ringan, tidakbrestatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen. Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang di bawah naungan Apache Software Foundation. Wide Web Consortium (W3C) adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk mengembangkan standar-standar untuk WWW.

Penjelasan
HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi yang terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hipertext, yang kemudian membentuk WWW pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat mengtgunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTp/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak perlu membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

HTTP tidakloah terbatas untuk penggunaan dengan TCP/IP, meskipun HTTP merupakan salah satu protokol aplikasi TCP/IP paling populer melalui internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol yang lain di atas internet atau di atas jaringan lainnya seperti diebutkan dalam "implemented on top of any other protocol on the internet, or on other networks.", tapi HTTP membutuhkan sebuah protokol lapisan transport yang dapat diandalkan. Protokol lainnya yang menyediakan layanan dan jaminan seperti itu juga dapat digunakan.

Sumber daya yang hendak diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasikan dengan menggunakan Uniform Resource Identifier (URI), atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator(URL), menggunakan skema URI http: atau https:.

Sumber :
Vad 2011. Sejarah dan Pengertian HTTP. (Online). (Vadzindo.blog.com, diakses 25 Januari 2011)
Wikipedia. 2005. P_rotokol Transfer Hiperteks. (Online). (Wikipedia.org. diakses 2 April 2005)

Kamis, 11 April 2013

Web Developer

Web developer adalah orang yang biasa membuat aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman web misalnya PHP. Web developer adalah orang yang memegang peranan paling penting dalam pembuatan web, karena dia memiliki fungsi sebagai penghubung antar komponen yang ada dalam pemrograman web. Hal yang dapat dilakukan web developer adalah membuat database, membuat agar web bisa dinamis.
 
Dalam hal tampilan, web developer tidak terlalu memikirkannya. Karena dia lebih berkosentrasi dalam hal scriping, agar web yang dibuatnya dinamis. Agar pengunjung atau user web dapat berinteraksi dengan website yang dibuat.
 
 Seorang web developer harus menguasai bahasa pemrograman, baik itu bahasa pemrograman dari sisi server maupun sisi client. Dan tentunya bahasa pemrograman database. Berikut adalah bagian aplikasi yang harus dipahami oleh seorang web developer. 

*Client-side : Javascript
*Server side : ASP,ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dsb.
*Database : MySQL, Oracle, dsb.

Sumber :
http://www.tahuinfo.com/2012/01/web-developer.html.